Cara Mengatasi Windows Resource Protection could not perform the requested operation

Memperbaiki Windows Resource Protection could not start the repair service - Masalah yang satu ini adalah masalah yang sering kita temukan saat melakukan eksekusi SFC di cmd (Command prompt) atau recovery console / recovery mode. Ini menjadi masalah yang cukup serius yang akan kita temukan. Masalahnya jika SFC (System File Checker) ini tidak berfungsi, maka banyak masalah yang tidak bisa kita perbaiki di system file windows kita. [Baca juga : Mengatasi there was a problem resetting your pc]

Cara Mengatasi Windows Resource Protection could not perform the requested operation

Error pada sfc ini biasanya ketika anda melakukan perintah sfc /scannow di cmd. System file checker ini merupakan tool yang bisa membantu anda melakukan pendeteksian dan perbaikan system file windows anda yang rusak atau hilang. Jika system file checker ini hilang, maka tool sfc anda tidak akan berfungsi dengan semestinya. Nah, saat ini admin AmalanKomputer.com akan membantu anda memperbaiki error Windows Resource Protection could not start the repair service yang terjadi di laptop, pc, atau komputer windows 10, 8/8.1 dan  7 milik anda. Silahkan simak penjelasan admin dibawah ini.

Daftar isi

  • 1 Metode 1 : Windows Modules Installer
  • 2 Metode 2 : System File Checker di Safe Mode
  • 3 Metode 3 : DISM Scan


Metode 1 : Windows Modules Installer

Windows Modules Installer atau TrustedInstaller service biasanya. Perlu anda ketahui bahwa layanan tersebut memiliki akses ke berbagai file Windows Resource Protection (WRP) dan registrynya. Nah, untuk mengatasi masalah yang sedang anda alami, ikuti langkah-langkah dibawah ini


  1. Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan lalu ketik services.msc dan enter.
  2. Cari dan double klik Windows Modules Installer
  3. Di General tab, dibagian Startup type pilih Manual lalu klik OK untuk mengonfirmasinya
  4. Tutup windows service tersebut
  5. Buka CMD pakai mode administrator
  6. Ketik dua baris perintah yang admin berikan dibawah

sc config trustedinstaller start= demand
net start trustedinstaller

Diatas itu adalah dua baris perintah yang perlu anda ketikkan di cmd. Setiap mengetik satu baris, tekan enter untuk mengeksekusinya. Jika sudah selesai, tutup cmd kalian lalu restart laptopnya sebagai finishing. Dibeberapa kasus, mungkin anda tidak bisa mengubah dari Automatic (otomatis) ke Manual dan mendapatkan error msg. Admin mungkin akan membuat artikel baru jika sudah mendapatkan pemecahan masalahnya. Silahkan tunggu aja. Tapi semoga saja anda tidak menemukan masalah ini. [Baca juga : Mengatasi We couldn’t install this update, but you can try again (0x80070541)]

Metode 2 : System File Checker di Safe Mode

Metode selanjutnya yang bisa anda pakai adalah dengan menjalankan system file checker ini melalui safe mode. Safe mode ini merupakan cara yang terbilang ampuh untuk menjalankan sfc. Anda harus masuk melalui safe mode baik di windows 10, 8/8.1 dan 7. Setiap varian windows bisa berbeda untuk masuk ke safe mode. Jika anda pengguna windows 10 dan 8/8.1, bisa masuk melalui Advanced Mode. Lebih lengkapnya masuk ke artikel cara buka advanced mode. Disana anda bisa masuk ke safe mode.

Metode 3 : DISM Scan

Metode yang terakhir yang bisa saya sarankan adalah dengan menjalankan DISM Scan atau Deployment Image and Servicing and Management yang biasa digunakan oleh orang-orang untuk memperbaiki Windows Recovery Environment, Windows Setup dan Windows PE. Adapun caranya yaitu :

  1. Buka Command Prompt sebagai Administrator
  2. Ketik perintah DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth dan tekan enter untuk mengeksekusi
  3. Tutup cmd jika telah selesai lalu restart laptop anda.

Anda bisa mencoba tiga metode yang saya berikan kepada anda satu persatu. Semoga saja hanya dengan metode yang pertama, permasalahan yang anda alami akan selesai. Dan jika anda masih mengalami permasalahan, anda bisa memberikan pertanyaan di kolom komentar atau dengan DM admin di instagram. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan saya mengenai solusi Windows Resource Protection could not start the repair service, semoga dapat membantu anda. Sekian.. [Baca juga : Mengatasi File Access Denied You need permission to perform this action]

Apa Penyebab di Balik Jendela Perlindungan Sumber Daya SFC Scan Error?

Sementara Microsoft belum keluar dan secara langsung menyatakan apa penyebab di balik kesalahan SFC " Perlindungan sumber daya Windows tidak dapat melakukan operasi yang diminta ", ada beberapa masalah yang dapat membuatnya muncul.

  • Ada sesuatu yang mencegah atau bertentangan dengan pemindaian SFC , dan itu tidak dapat menyelesaikan pemeriksaan.
  • Ada kesalahan server Windows.
  • The alat SFC Scannow Command rusak

Pada dasarnya, operasi yang diminta (pemindaian) tidak dapat dilakukan karena ada yang salah dengan alat utilitas SFC Anda atau ada masalah pada disk yang menyebabkan pemindaian gagal. Terlepas dari apa yang menyebabkan kesalahan SFC "Perlindungan sumber daya Windows tidak dapat melakukan operasi yang diminta", ada beberapa cara Anda dapat memperbaikinya

5 Solusi untuk Memperbaiki Pesan Kesalahan SFC Scannow "Perlindungan Sumber Daya Windows Tidak Dapat Melakukan Operasi yang Diminta".

Jika Anda telah mencoba menjalankan alat perintah scannow SFC Anda berkali-kali dan mendapatkan kesalahan di atas dengan kegagalan langsung untuk memindai setelahnya, maka ada beberapa solusi di bawah ini yang harus Anda coba.

1. Jalankan CHKDSK dari Hard Drive Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kondisi hard drive Anda dengan scan CHKDSK dari hard drive Anda. Ini adalah langkah yang perlu, karena jika disk Anda rusak atau memiliki file sistem yang rusak di dalamnya, ini bisa menjadi penyebab pesan kesalahan SFC "Perlindungan sumber daya Windows tidak dapat melakukan operasi yang diminta". Berikut adalah cara menjalankan CHKDSK di Windows 10.

Cara 1

  1. Di bilah pencarian komputer Anda, ketik Command Prompt .
  2. Klik kanan pada alat Command Prompt dan jalankan sebagai administrator.
  3. Di Command Prompt, ketik " chkdsk C: /r"
    Harap dicatat: ganti "C" dengan drive tempat file sistem Windows Anda berada. Mengizinkan bahwa chkdsk berhasil dan memperbaiki kesalahan apa pun, pemindaian SFC Anda sekarang akan berfungsi. Coba lagi untuk mengonfirmasi atau melanjutkan ke solusi berikutnya di bawah ini.
  4. Tekan Enter .
  5. Tekan Y untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin chkdsk dijalankan saat dimulai ulang.
  6. Restart komputer Anda untuk mengizinkan chkdsk menjalankan pemindaiannya.

2. Jalankan SFC Scannow Anda dalam Safe Mode

Jika karena alasan tertentu chkdsk run gagal atau tidak dapat memperbaiki kerusakan atau korupsi yang ada dan Anda masih mendapatkan kesalahan SFC “Windows resource protection could not perform the request operation”, Anda dapat mencoba menjalankan pemindaian SFC dalam Safe Mode .

  1. Di bilah pencarian komputer Anda, ketik msconfig . Tekan enter pada keyboard Anda dan tunggu hingga jendela konfigurasi sistem terbuka.
  2. Klik ke tab boot yang terletak di samping tab umum di bagian atas.
  3. Centang kotak untuk "boot aman" di bawah opsi boot.
  4. Pastikan "minimal" dicentang dan kemudian tekan oke, dan terapkan.
  5. Sekarang restart komputer Anda untuk reboot.

Sekarang Anda berada dalam mode aman, jalankan pemindaian SFC lagi. Untuk melakukan ini, cari alat Command Prompt , klik kanan untuk menjalankan sebagai administrator dan buka. Ketik SFC /scannow [enter] . Jika masalah berlanjut, lanjutkan ke solusi berikutnya di bawah ini.

3. Ubah Deskriptor Keamanan di Folder WinSXS.

Banyak pembaruan sistem Windows dan file sistem Anda disimpan di folder WinSXS, dan jika alat utilitas SFC Anda tidak dapat mengakses folder ini, itu akan gagal dan itulah yang memunculkan pesan kesalahan. Untuk menyiasatinya, Anda dapat memodifikasi deskriptor keamanan folder.

  1. Di bilah pencarian komputer Anda, ketik Command Prompt .
  2. Klik kanan pada alat Command Prompt dan jalankan sebagai administrator.
  3. Di Command Prompt , ketik ICACLS C:\Windows\winsxs [enter] .
  4. Nyalakan ulang komputer Anda agar perubahan deskripsi diterapkan.

Sekarang coba jalankan pemindaian SFC lagi.

4. Aktifkan Penginstal Modul Windows.

Jika Anda telah menonaktifkan Penginstal Modul Windows di komputer Anda, SFC Scan tidak mungkin berfungsi. Alat ini yang memeriksa dan menginstal semua pembaruan windows ke komputer Anda secara otomatis. Jika Anda menonaktifkannya, mungkin ada bug di sistem Anda yang menyebabkan pemindaian SFC tidak berfungsi. Inilah yang harus dilakukan.

  1. Tekan tombol Windows pada keyboard Anda + R untuk membuka kotak Dialog Jalankan.
  2. Ketik services.msc ke dalam kotak dialog run dan tekan oke.

Cara Mengatasi Windows Resource Protection could not perform the requested operation

  1. Temukan Penginstal Modul Windows dalam daftar dan klik kanan.
  2. Pilih untuk memulainya dari daftar.

Sekarang coba jalankan alat Perintah SFC Scannow dan lihat apakah Anda mendapatkan kesalahan SFC "perlindungan sumber daya Windows tidak dapat melakukan operasi yang diminta" yang sama.

5. Jalankan Perintah Pemulihan.

Jika Anda masih mendapatkan kesalahan pada saat ini, dan versi boot Windows Anda saat ini diperbarui, Anda dapat mem-boot ke mode pemulihan dan mencoba menyelesaikan masalah dengan cara ini dengan mengaktifkan utilitas pemindaian SFC melalui prompt perintah. Berikut adalah cara melakukannya.

  1. Jika komputer Anda hidup, mulai ulang melalui opsi daya.
  2. Saat komputer Anda memulai urutan bootnya, tekan F11 untuk masuk ke mode pemulihan atau gunakan drive USB yang dapat di-boot.
  3. Setelah Anda berada dalam mode pemulihan, gunakan Command Prompt dari daftar alat dan tekan run.
  4. Setelah Command Prompt aktif dan berjalan, ketik sfc/SCANNOW berikut /OFFBOOTDIR=c:\ /OFFWINDIR=c:\windows [enter] .

Setelah perintah di atas dimasukkan dan dijalankan dengan benar, keluar dari mode pemulihan dan boot seperti biasanya ke desktop Windows Anda. Kemudian buka Command Prompt dari pencarian komputer Anda, jalankan sebagai administrator, dan jalankan pemindaian SFC untuk melihat apakah masalah berlanjut.

How do I fix Windows Resource Protection could not perform the requested operation?

How to Fix “Windows Resource Protection Could Not Perform the Requested Operation” Error.
Use the Chkdsk Command..
Run the SFC Utility Tool in Safe Mode..
Enable Windows Modules Installer..
Use Automatic Repair..
Reset Windows..

How do I turn off Windows Resource Protection?

If the command runs without any error, a third-party application installed on your system is most likely creating conflict with Windows Resource Protection, hence triggering the error. To disable Safe Boot, launch System Configuration, open the Boot tab and uncheck Safe boot under Boot options.

How do I enable Windows Resource Protection?

Safe mode boots your system with only the necessary Windows components enabled..
Press the Windows + R keys on your keyboard. This is going to bring up the Run utility..
Type in “msconfig” without the quotation marks and press the Enter key on your keyboard. ... .
Switch to the Boot tab. ... .
Restart your computer..

How do I get sfc Scannow to work?

Solution 1: Run SFC Scan in Safe Mode.
In Windows 10, click Restart. ... .
Your system will restart yet again, and you will get options to boot it in Safe Mode..
Then open cmd with the option of Run as administrator..
Type sfc/ scannow and hit the Enter button to run SFC..